AGROWISATA DI DESA CIHIDEUNG

photo by @mirayamira on web

Cihideung merupakan nama sebuah desa yang terletak di sebelah utara kota bandung, tepatnya di daerah Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Berbagai jenis tanaman dapat dengan mudah kita temui dikawasan wisata ini, mulai dari tanaman hias hingga tanaman potong. Tanaman hias biasanya adalah tanaman yang sering di gunakan untuk membuat atau memperindah taman, sedangkan tanaman potong biasanya sering di gunakan untuk dekorasi, misalnya untuk dekorasi di acara pernikahan, dan biasanya tanaman potong juga di gunakan sebagai bahan untuk di karangan bunga.

Kawasan wisata bunga cihideung ini menempati areal seluas 50 hektar, dan dulunya hanyalah desa biasa sama seperti tempat lainnya yang di kenal sebagai tempat bercocok tanam tradisional, namun Karena keunikan dan daya tariknya kini kawasan ini menjadi pusat tanaman dan terlengkap di bandung, di kawasan ini sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani atau penjual bunga, sehingga hampir di sepanjang jalan yang anda telusuri atau lewati disini, anda bisa melihat jongko-jongko atau kios-kios yang menjajakan berbagai jenis tanaman di dalamnya.

Kawasan agrowisata desa cihideung ini memiliki hawa yang sejuk dan udara yang masih sangat segar. Jadi sangat cocok untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan yang sehari-hari disuguhkan dengan hiruk pikuk perkotaan seperti macet serta polusi udara akibat dari asap kendara bermotor, serta cocok juga untuk anda yang hanya ingin sekedar untuk menghilangkan stress akibat beban dan rutinitas pekerjaan.

Di kawasan agrowisata desa cihideung ini anda bisa berjalan-jalan hanya untuk menikmati udara yang masih sangat sejuk dan sambil melihat hijaunya tanaman-tanaman hijau yang di jajakan di kios-kios penjual. Dan apabila anda menyukai jika anda ingin memiliki aneka jenis bunga dan tanaman hias anda bisa membelinya untuk membawa pulang, harga bunga di kawasan wisata ini di jamin masih relative murah di bandingkan dengan pasar-pasar bunga yang terdapat di kota-kota besar. Dan sistem di jual beli di tempat ini masih dengan proses tawar menawar harga, saya sarankan agar anda harus pandai untuk bernegosiasi masalah harga, untuk mndapatkan harga yang murah.

Rute dan Akses

Akses menuju Kawasan agrowisata desa cihideung ini sangat mudah, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi bahkan bis menggunakan kendaraan umum. Kawasan ini berjarak sekitar + 20 Km dari pusat kota Bandung dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 30 menit saja. Dan jika anda tidak tau jalan sangat mudah untuk menuju lokasi ini dari kota bandung anda cukup menuju arah utara tepatnya menuju arah ledeng, dan sampai di pertigaan ledeng atau tepatnya di terminal ledeng anda tinggal mengambil arah kiri yaitu menuju Jalan Terusan Sersan Bajuri, anda tinggal mengikuti jalan tersebut dan anda akan sampai di kawasan agrowisata desa cihideung ini .

Sari arah lembang anda bisa melalui pos polisi Beatrix kemudian ke arah kanan menuju jalan Kolonel Masturi hingga anda bertemu dengan Vipassana Graha yaitu sebuah vihara(tempat peribadatan umat Buddha). Lalu anda bisa melanjutkan perjalanan menuju perumahan Graha Puspa, setelah anda melewati perumahan Graha puspa sampailah anda di kawasan wisata bunga Cihideung.

Sedangkan dari arah cimahi anda cukup menuju arah cisarua, disepanjang jalan anda akan di suguhi pemandangan alam yang sangat indah, dan andapun akan melewati beberapa objek wisata, seperti Dusun Bambu, Curug Pelangi, CIC( Ciwangung Indah Camp) dan masih banyak lagi. Dan untuk melanjutkan perjalanan anda tinggal menuju daerah parongpong anda akan melewati markas TNI yaitu DENKAVKUD(Detasemen Kavaleri Berkuda), setelah melewati itu anda akan menemukan pertigaan menuju ledeng atau anda tinggal menuju Jalan Terusan Sersan Bajuri.

Untuk menikmati kawasan agrowisata desa cihideung ini ini tidak dikenakan biaya untuk tiket, anda bisa menikmati udara yang sejuk dan menikmati indahnya berbagai macam tanaman dengan secara Cuma Cuma atau gratis, tetapi saya menyarankan agar tetap menjaga kebersihan demi kenyamanan anda berwisata. Tetapi jika anda ingin berbelanja tanaman hias anda bisa langsung membelinya di kios-kios yang banyak terdapat di kawasan wisata bunga cihideung ini.

Nah, bagaimana? apakah anda sudah menyiapkan planning untuk liburan anda? Jika belum tak ada salahnya untuk anda segera menambahkan kawasan wisata bunga cihideung ini ke dalam list anda.

Lets Find And Explore.

Gista Septriantri Putri - Agrowisata di Desa Cihideung sebagai Sentra Tanaman Hias

Kampung 1001 Tanaman Bunga | Cihideung, Parongpong, Bandung 2018

Comments