DAFTAR DESTINASI WISATA HITS DI BANDUNG BARAT

Bicara tentang destinasi wisata di Bandung Barat tak pernah selesai, apalagi membicarakan wisata alam Bandung Barat yang memang tidak ada habisnya. Ratusan destinasi wisata tersaji dengan apik dan menawan, baik yang sudah dikelola ataupun yang masih dalam tahap pengembangan.

Beberapa destinasi wisata di Bandung Barat dijadikan tempat favorit oleh pengunjung, baik karena keindahan alamnya atau karena fasilitas yang disediakan oleh pengelola, atau bisa jadi karena destinasi wisatanya memiliki spot foto yang keren. berikut ini adalah destinasi wisata di Bandung Barat yang sedang hits dan difavoritkan oleh pengunjung.

1. Sungai Cikahuripan

sungai cikahuripan

photo by @ucup.uliners on instagram

Keindahan yang disuguhkan di Sungai Cikahuripan ini, bukan berasal dari air sungai nya. Meskipun memang air di Sungai Cikahuripan masih sangat bersih, dan tidak memiliki bau ataupun rasa. Adapun yang menjadi daya tarik dari Sungai Cikahuripan adalah bebatuan yang tersebar di sekitar sungai, serta dua buah tebing yang menjulang tinggi mengapit aliran sungai, mirip seperti di Green Canyon. 

Akses menuju sungai cikahuripan ini sama seperti jika anda akan menuju Waduk Saguling di Rajamandala, jalan yang ditempuh untuk mencapai Sungai Cikahuripan masih berbatu, sehingga anda harus berhati – hati saat berjalan.

Selengkapnya tentang Sungai Cikahuripan

2. Taman Lembah Dewata (Ganesha Equestrian)

lembanh dewata

photo by @why_ajie on instagram

Nama Taman Lembah Dewata sendiri belum diketahui asal usul nya. Namun tak ada salahnya jika diartikan dengan sebuah taman surga yang berada di pelataran perbukitan (lembah). Betapa tidak, tempat ini tentu menjadi surga nya para penikmat alam dan pecinta fotografi. Hijaunya perbukitan yang terhampar di Taman Lembah Dewata ini dipercantik dengan adanya sebuah danau tadah hujan di bagian tengah. Selain itu terdapat sebuah dermaga kecil yang terbuat dari bambu dan letaknya menjorok ke tengah danau.

Untuk dapat menikmati keindahan alam danau tadah hujan di Taman Lembah Dewata ini, anda hanya perlu berangkat kea rah utara dari pusat kota Lembang, tepatnya ke arah Tangkuban Parahu. Tepatnya sebelum kawasan Cikole, di sebelah kanan anda akan menemukan kawasan Wisata berkuda Ganesha Equestrian.

Selengkapnya tentang Ganesha Equestrian

3. Benteng Pasir Ipis

pasir ipis bandung barat

photo by @infobdg

Penampakan dari Benteng Pasir Ipis ini sendiri tidak seperti yang anda bayangkan jika mendengar kata “benteng”. Tentu anda akan berkhayal sebuah tembok besar yang membentang dan memiliki panjang berkilo – kilo meter. Tidak dengan Benteng Pasir Ipis. Bangunan Benteng Pasir Ipis sudah sebagian yang tertimbun tanah dan pepohonan. Serta bagian badan dari benteng ini pun sudah ditumbuhi lumut. Namun jika anda pintar memanfaatkan kamera yang anda punya, dijamin anda akan mendapatkan hasil gambar yang bagus jika berfoto di Benteng Pasir Ipis ini.

Untuk dapat menyambangi Benteng Pasir Ipis ini, anda hanya perlu menuju pusat Kota Lembang. Sebelum memasuki kawasan Pasar Lembang, anda akan mendapati sebuah rumah makan bernama Mandarin. Ada sebuah jalan kecil dekat rumah makan tersebut, ikutilah jalan tersebut atau bertanya langsung pada warga sekitar untuk dapat sampai ke Benteng Pasir Ipis

Selengkapnya tentang Benteng Pasir Ipis

4. Bukit Gantole

gantole

photo by @sinta.l on instagram

Dari Bukit Gantole ini, anda bukan hanya dapat menyaksikan para atlet atau pecinta paralayang berlatih. Anda pun dapat menikmati pemandangan indah yang terhampar. Sejauh mata memandang, anda dapat menyaksikan keindahan hutan pinus milik perhutani, saguling, dan pemandangan Cimahi dan Kota Bandung dari atas sini.

Ada beberapa alternatif jalur yang dapat anda gunakan untuk menuju Bukit Gantole. Bagi anda yang berasal dari Kota Bandung atau Jakarta, patokan yang harus anda ingat adalah CImareme atau arah Batujajar. Selepas jembatan Sasak Bubur Cihampelas, ambil lah jalur kiri kea rah Nyalindung. Dari sana anda hanya perlu mengikuti jalan saja sampai menemukan Bukit Gantole.

Selengkapnya tentang Bukit Gantole

5. Hutan Pinus PAL 16

pal 16 bandung barat

photo by @rachmanharyanto on instagram

Ada sebuah tempat beristirahat atau rest area yang berbeda dari rest area biasanya. Terletak di jalan raya Cikole, Lembang, anda yang mengemudi menuju Subang, bisa berhenti sebentar di Pal 16. Pal 16 merupakan sebuah lahan seluas 2 Ha yang ditumbuhi pohon – pohon pinus, atau lebih tepatnya Pal 16 adalah kawasan hutan pinus.

Letaknya yang tidak jauh dari Wana Wisata Gunung Tangkuban Parahu, membuat Pal 16 memiliki udara yang dingin dan sejuk. Pal 16, dulunya hanya sebuah hutan pinus kosong. Namun seringkali digunakan berhenti sejenak oleh para pengendara motor ataupun mobil untuk beristirahat sejenak.

Selengkapnya tentang PAL 16

6. Gunung Batu Lembang

gunung batu lembang

photo by @tyuniar93 on instagram

Tidak jauh dari pusat Kota Lembang, terdapat sebuah destinasi wisata alam yang tidak masih jarang disambangi. Gunung Batu namanya. Gunung Batu, merupakan salah satu patahan Lembang dengan lebar sekitar 300 meter dan panjang 22 kilometer. Gunung Batu merupakan tempat yang cocok untuk anda jika ingin berburu matahari terbit ataupun menikmati indahnya senja dari ketinggian. Dari puncak Gunung Batu, jika anda melihat ke sebelah utara, anda akan secara langsung melihat Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang dan Gunung Putri. Jika anda melihat ke sebelah timur, anda akan melihat penampakan dari Gunung Bukittunggul dan agak jauh dari situ anda akan melihat gambaran Gunung Manglayang. Sedangkan jika melihat ke arah selatan, anda akan melihat jajaran Gunung Malabar, Gunung Haruman dan Gunung Patuha dari kejauhan.

Akses menuju Gunung Batu Lembang ini tidak lah sulit. Anda dapat mengunjungi tempat ini dengan menggunakan angkot, ojeg, ataupun kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Lembang, ambilah arah menuju jalan Maribaya. Di Jl. Raya Maribaya, lurus terus dan belok kanan sampai Jl. Buka Nagara. Dari sini anda sudah dapat melihat Gunung Batu dari kejauhan. Setelah melewati Jl. Buka Nagara, belok kiri melewati Jl. Buniwangi dan anda sudah berada di jalur pendakian Gunung Batu.

Selengkapnya tentang Gunung Batu Lembang

7. Orchid Forest

orchid forest cikole

photo by @nizaramrullah on instagram

Orchid Forest terletak di ketinggian sekitar 1.500 Mdpl. Cuaca dingin dan hawa sejuk yang dihasilkan dari pohon – pohon pinus yang menjulang tinggi mempercantik suasana di sekitar penangkaran bunga anggrek ini. Tidak hanya satu atau dua macam bunga anggrek yang akan anda temukan di Orchid Forest, tapi berbagai macam jenis anggrek ada disini.

Orchid Forest berada di Jalan Tangkuban Parahu Raya, Km 8. Sehingga bagi anda yang ingin menikmati wisata edukasi di Orchid Forest, anda hanya perlu mengarahkan kendaraan anda ke arah Tangkuban Parahu, dan anda akan menemukan gerbang masuk Orchid Forest yang siap menyambut anda.

Selengkapnya tentang Orchid Forest

8. Puncak Eurad

photo by @zoddy11 on instagram

Tempat wisata yang sedang hits ini didominasi oleh warna hijau yang berasal dari pohon pinus, perbukitan dan kebun teh disekitarnya. Meskipun terbilang baru, Puncak Eurad cukup menarik perhatian dengan dihadirkannya beberapa spot foto yang sangat instagramable. Seperti perahu yang terbuat dari bambu yang bisa anda gunakan untuk berfoto. Atau sebuah gardu pandang yang didirikan tepat di sisi tebing.

Untuk dapat menjangkau Puncak Eurad, anda hanya perlu berangkat melalui Lembang menuju Pasar Ahad, kemudian dilanjutkan menuju Cikareumbi dan anda akan menemukan Puncak Eurad. Sudah banyak papan penunjuk yang tersebar, namun jika anda ragu, anda dapat bertanya pada warga sekitar mengenai keberadaan Puncak Eurad.

Selengkapnya tentang Puncak Eurad

9. Air Panas Nagrak

air panas nagrak

photo by @sisadoe on instagram

Kolam air panas Nagrak, sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru dibuka usai lebaran kemarin. Kolam ini memiliki sumber air panas yang berasal dari aliran air belerang Gunung Tangkuban Parahu sehingga, selain rasa nyaman dan relax, air di kolam air panas Nagrak ini tentu saja memiliki banyak manfaat. Bentuk kolam di kolam air panas Nagrak tidak seperti di pemandian air panas yang pada umumnya sudah dipatenkan. Kolam air panas Nagrak ini berada tepat di aliran sungai, dan dibendung sehingga anda dapat berendam di dalamnya. Hal ini membuat nuansa alam sangat terasa kental saat anda berendam disana.

Untuk mencapai kolam air panas Nagrak ini, ada dua alternatif jalan. Jika anda dari arah Bandung, arahkan kendaraan ke Ledeng – Cihideung – Patrol. Dari Patrol, arahkan kendaraan anda ke kanan menuju Lembang. Tidak jauh dari pertigaan Patrol tersebut, sekitar 100 meter, anda akan menemukan jalan Nagrak. Jika anda dari arah Cimahi, ambilah jalir Kolonel Masturo menuju Parongpong, kemudian menuju Patrol, dan ambil jalur kiri ke arah Lembang

Selengkapnya tentang Air Panas Nagrak

10. Curug Ngebul

curug ngebul

photo  by @mochadjamalfarizqi on instagram

Jika beberapa kali anda mengunjungi daerah wisata alam dan batal karena terlalu banyak orang, tidak halnya dengan satu wisata alam yang masuh sangat perawan ini. Terletak di Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Kp. Cisitu, Desa Sindangjaya, Kec. Gununghalu, ada satu curug yang masih sangat perawan dan tersembunyi dari khalayak umum. Namanya, Curug Ngebul. Curug ini bisa dibilang masih murni dan bersih dari jamahan tangan jahil para pengunjung, karena Curug Ngebul belum dikelola oleh pihak manapun.

Dikarenakan masih tersembunyi, akses menuju Curug Ngebul ini cukup sulit dan hanya bisa mengandalkan warga sekitar sebagai penunjuk arahnya. Karena belum ada petunjuk jalan sama sekali untuk menuju lokasi. Untuk arah pertama yang harus anda lalui adalah Cililin. Dari Cililin, teruslah melaju ke arah Gununghalu. Sesampainya di Gununghalu, arahkan kendaraan anda ke Desa Celak Kidul, ketika anda sampai di Celak Kidul, tanyakanlah pada warga sekitar jalan setapak menuju Curug Ngebul.

Selengkapnya tentang Curug Ngebul

Demikian beberapa destinasi wisata yang sedang hits di bandung barat. ada banyak destinasi wisata menarik lainnya yang belum kami ulas disini. jadi tunggu apalagi, let’s find and explore!

7 Tempat wisata baru paling hits di bandung

15 Tempat Wisata Bandung HITS Terbaru 2018 || Murah Terpopuler

Comments