KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI DI SITU LEMBANG

photo by @oisradi on instagram

Jika selama ini pembahasan mengenai danau atau Situ hanya berada di wilayah Kabupaten Bandung, tengoklah sebentar ke wilayah Bandung Barat. Karena di wilayah ini pun sebenarnya terdapat sebuah danau bernama Situ Lembang. Situ Lembang, merupakan sebuah danau yang sudah ada sejak zaman penjajahan. Sumber air Situ Lembang ini berasal dari sungai cimahi dan mata air di Gunung Burangrang. Danau ini terletak diantara Gunung Tangkuban Parahu dan Gunung Burangrang dengan ketinggian kurang lebih 1.567 Mdpl, Situ Lembang merupakan danau tadah hujan terbesar di wilayah Bandung Barat, yang air nya disalurkan lagi ke beberapa daerah seperti Parongpong dan Cimahi.

situ lembang

photo by @rizandhiw on instagram

Pada masanya, Situ Lembang memiliki banyak fungsi. Selain memenuhi kebutuhan air untuk wilayah Bandung Barat dan Kota Bandung, anda pun dapat melakukan berbagai aktifitas disini. Misalnya, olahraga air seperti dayung, dan memancing ikan. Karena di Situ Lembang terdapat banyak ikan. Karena memiliki tempat yang strategis dan cocok untuk digunakan latihan militer, Situ Lembang kini dijadikan sebagai tempat latihan militer oleh Komando Pasukan Khusus (Kopasus) TNI AD. Dan sebab itulah, Situ Lembang tidak lagi bisa dijadikan tempat wisata untuk umum setiap waktu dan harus memiliki perizinan untuk dapat masuk ke kawasan Situ Lembang. Padahal, danau dengan luas 68 Ha ini sangat cocok untuk diadikan tempat rekreasi dan melepas penat. Karena selain dikelilingi oleh pohon – pohon pinus, air di Situ Lembang ini terbilang cukup dingin. Sehingga cocok untuk anda beristirahat sambil meminum secangkir kopi atau teh hangat. Fasilitas di Situ Lembang, memang terbilanng belum memadai. Namun sudah tersedia beberapa warung yang mnjajakan makanan dan minuman untuk mengganjal perut anda.

situ lembang

photo  by @reny1196 on instagram

Rute dan Akses

Jika anda ingin menikmati keindahan Situ Lembang, arahkan kendaraan anda ke daerah Cisarua. Tepatnya Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Lembang, Kaupaten Bandung Barat. Karena meskipun Situ Lembang kerap dijadikan tempat latihan militer, bukan berarti pengunjung tidak dapat masuk. Area ini ditutup hanya ketika para pasukan Kopasus berlatih simulasi perang di danau Situ Lembang ini. Jadi, anda tetap bisa masuk ke Situ Lembang jika sudah mengetahui jadwal latihan mereka dan mendapatkan izin dari petugas disana. Berminat menikmati dinginnya air danau buatan? Ayo ke Situ Lembang ! Let’s Find and Explore !

KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI| Pasir Angling| Lembang

Inilah 10 Tempat Wisata Alam di Bandung Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Comments