Long Weekend Pengunjung Tangkuban Parahu Menurun Karena Cuaca Buruk

photo by @ghaghah24 on instagram

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG – ‎Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Obyek Wisata Tangkuban Parahu di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, pada long weekend kali ini jauh lebih sedikit dibanding long weekend sebelumnya. Hal ini tak lepas dari cuaca buruk yang diakibatkan oleh Siklon Dahlia. Sebelumnya di kawasan berhawa dingin itu, sejumlah pohon bertumbangan tertiup angin kencang.

Pantauan Tribun Jabar pada Jumat (1/12/2017) siang, arus lalu lintas menuju obyek wisata Tangkuban Parahu terpantau lengang. Padahal biasanya jika long weekend tiba, di jalur itu selalu macet. Cuaca buruk juga menyebabkan jalur jalan menuju kawasan Tangkuban Parahu atau berjarak satu kilometer dari puncak gunung diselimuti kabut tebal.

Direktur Operasional Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu, Ruslan, mengatakan libur panjang kali ini terjadi penurunan jumlah wisatawan. Kendati mengalami penurunan, menurut Ruslan, penurunannya tidak terlalu signifikan. “Sampai saat ini jumlah pengunjung mencapai 2.500-an orang,” kata Ruslan saat ditemui Tribun Jabar di lokasi, Jumat (1/12/2017) siang.

Bagi Ruslan, penurunan jumlah pengunjung saat ini masih dikatakan normal. Hal itu dikarenakan penurunan hanya mencapai 10 persen saja. “Tidak bisa diprediksi secara tepat, meski sedang angin besar dan hujan, selalu ada saja wisatawan yang datang,” kata Ruslan. Meski ada saja pengunjung yang memaksakan diri untuk mengunjungi tempat wisata, Ruslan mengimbau masyarakat untuk menjaga diri. “Hati-hati jalan menuju Tangkuban Parahu licin, selain itu harus mengikuti peraturan yang berlaku,” katanya.

sumber : Tribun Jabar

Comments