TAMAN BALAI KOTA BANDUNG

photo by @fajarrobyana on instagram

Mencari taman di wilayah Kota Bandung kini bukanlah hal asing. Sejak Kota Bandung dipimpin oleh Ridwan Kamil selaku Walikota, lahan – lahan kosong yang ada di tengah Kota pun disulap menjadi sebuah taman.  Bahkan, Balai Kota Bandung yang tadinya hanya ramai saat – saat tertentu saja, kini sudah berubah menjadi taman untuk warga Kota Bandung yang diberi nama Taman Balai Kota. Taman Balai Kota terletak di pusat Kota Bandung, tepatnya Jl. Wastukencana No. 2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung. Pada zamannya, Taman Balai Kota Bandung ini lebih dikenal dengan Taman Dewi Sartika. Karena di area Taman ini terdapat sebuah patung tokoh Pendidikan yaitu Dewi Sartika. Bangunan pemerintah yang terdapat di Balai Kota Bandung pun tidak luput dari sejarah. Karena ternyata, gedung Balaikota merupakan salah satu bangunan tertua di Kota Bandung. Sebelum gedung Balaikota didirikan, terdapat sebuah bangunan milik Adries de Wilde (1781 – 1865) yang merupakan tuan tanah dan Asisten Residen Priangan pada tahun 1812. Bangunan tersebut digunakan sebagai sebuah gudang kopi atau dalam bahasa Belanda “koffie pakhuis”. Gedung kopi tersebut didirikan pada tahun 1819 pada saat perkebunan kopi di tanah Priangan sedang berkembang. Dan pada tahun 1923 Gudang Kopi tersebut diserahkan pada kolonial Belanda. Selanjutnya, pada tahun 1927 gudang kopi diruntuhkan. Dan didirikanlah gedung Balaikota sebagai gantinya. Hal ini terkait dengan status Kota Bandung sebagai Kota Praja sejak tahun 1906. Gedung Balaikota itu sendiri dirancang oleh seorang arsitek bernama EH de Roo. Tidak hanya membuat rancangan gedung Balaikota, namun EH de Roo pun masih mejadi arstiek bagi beberapa bangunan tambahan di belakang gedung Balaikota. Beliau membangun gedung – gedung tersebut dengan gaya “art deco” agar tampak lebih modern.

Terlepas dari sejarah pembangunan gedung Balaikota, Taman Balaikota yang tadinya hanya sebidang tanah yang ditumbuhi beberapa pohon – pohon besar berumur ratusan tahun ini, kini memiliki beberapa taman dan area yang sudah diperbaharui. Misalnya saja Taman Labirin. Taman Labirin terletak di Plaza Balaikota Bandung. Taman ini merupakan sebuah taman yang memiliki empat jalur masuk, dimana rerumputan sengaja dipasang tinggi menjulang dan menghalangi pandangan orang dewasa. Hal ini tentu membuat anda harus berusaha mencari jalan keluar. Sebab sejauh mata memandang yang anda lihat hanyalah dinding – dinding. Inilah mengapa taman ini disebut taman labirin, karena memang bentuknya yang menyerupai labirin. Taman Labirin sendiri dulunya adalah taman merpati. Ini bisa dilihat ketika anda hendak memasuki pintu labirin, anda akan melihat sebuah patung merpati. Selain Taman Labirin, terdapat pula area yang cukup romantic bagi kaula muda, yaitu gembok cinta. Konon, jika pasangan muda – mudi menuliskan namanya di sebuah gembok dan menggantungkannya di sebuah spot yang sudah disediakan, jalinan asmaranya akan langgeng dan tidak terpisahkan.

taman badak

photo by @dudisugandi on instagram

Taman Balaikota yang kini ramai pengunjung pun, dapat dimanfaatkan oleh anda untuk bermacam – macam kegiatan. Misalnya berolahraga jalan santai, berkumpul bersama teman – teman, atau hanya sekedar duduk santai dan menikmati keindahan taman. Di area luar Taman Balaikota pun bisa anda manfaatkan untuk bermain air bersama putra – putri anda. Air ini merupakan aliran anak sungai Cikapayang yang sudah disaring dan bisa digunakan untuk bermain. Fasilitas di Taman Balaikota pun sudah cukup lengkap. Terdapat beberapa toilet untuk wanita dan pria, dan terdapat pula fasilitas kesehatan berupa puskesmas kecil di dekat pintu masuk Taman Balaikota.

taman labirin

photo by @riccoaltobali on instagram

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Taman di pusat Kota? Let’s Find and Explore !

Taman Kota Gratis di Bandung (Taman Balai Kota, Taman Vanda, Teras Cikapundung) Wisata Bandung

Keren! Taman Balai Kota Bandung

Comments